Sunday 18 September 2016

Konsep Riba Dalam Perspektif Nonmuslim


D.     KONSEP RIBA DALAM PERSPEKTIF NONMUSLIM

Riba bukan hanya merupakan persoalan masyarakat Islam, tetapi berbagai kalangan di luar Islam pun memandang serius persoalan ini. Karenanya, kajian terhadap masalah riba dapat dirunut mundur hingga lebih dari dua ribu tahun silam. Masalah riba telah menjadi bahan bahasan kalangan Yahudi, Yunani, demikian juga Romawi. Kalangan Kristen dari masa ke masa juga mempunyai pandangan tersendiri mengenai riba.

Karena itu, sepantasnya bila kajian tentang riba pun melihat perspektif dari kalangan nonmuslim tersebut. Ada beberapa alasan mengapa pandangan dari kalangan nonmuslim tersebut perlu dikaji.

Pertama, agama Islam mengimani dan menghormati Nabi Ibrahim,Ishak,Musa,dan Isa. Nabi-nabi tersebut diimani juga oleh Yahudi dan Nasrani. Islam juga mengakui kedua kaum ini sebagai Ahli Kitab karena kaum Yahudi di karuniai Allah SWT kitab Taurat, sedangkan kaum Kristen dikaruniai kitab Injil.

Kedua, pemikiran kaum Yahudi dan Kristen perlu dikaji karena sangat banyak tulisan mengenai bunga yang dibuat para pemuka agama tersebut.

Ketiga, pendapat orang-orang Yunani dan Romawi juga perlu diperhatikan karena mereka memberikan konstribusi yang besar pada peradaban manusia. Pendapat mereka juga banyak mempengaruhi orang-orang Yahudi dan Kristen serta Islam dalam memberikan argumentasi sehubungan dengan riba.

1.        Konsep Bunga di Kalangan Yahudi
2.        Konsep Bunga di Kalangan Yunani dan Romawi
3.        Konsep Bunga di Kalangan Kristen
a.      Pandangan Para Pendeta Awal Kristen (Abad I - XII)
b.      Pandangan Para Sarjana Kristen (Abad XII - XVI)
c.       Pandangan Para Reformis Kristen (Abad XVI – Tahun 1836)

~~ * * * ~~



Footnote :
[44] Sub Bab ini sangat banyak bersumber dari tulisan Prof.Dr.Sudin Haron, Prinsip dan Operasi Perbankan Islam (Kuala Lumpur: Berita Publishing Sdn.Bhd,1996)

Daftar Pustaka:
Syafi’i Antonio, Muhammad. 2001. Bank Syariah: Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Gema Insana Press.
Halaman : 42 - 43

Meteri ini dari buku : Bank Syariah: Dari teori ke praktik
Penulis: Dr. Muhammad Syafi’I Antonio, M.Ec. ( Nio Gwan Chung )



Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment