|
Sumber Gambar : http://www.online-instagram.com/ |
membangun usaha mie caluk bukanlah rencana bisnis yang luar biasa, namun Business Plan ini merupakan ide kreatif yang berasal dari benak dari kelompok kami dibanding kan dengan kelompok lain yang keren tapi berasal dari bla bla bla dan bla bla...
t tapi proposal yang kami buat ini bisa dijadikan pedoman untuk proposal-proposal yang lain yang mungkin nyata bisa kami buat dengan format proposal yang kami buat ini.
akhirul kalam langsung ja di cermati dan dipelajari ... semoga bermanfaat...
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
PROPOSAL
RENCANA USAHA MIE CALUK
Disusun Oleh :
D.A.RAHMAT
NADYA APRILIA
YUSNIAR
RIEKI NOVIANDI
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Perusahaan
Dalam
suatu pemasaran banyak sekali berbagai bentuk dan macam macam aneka ragam
makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang termurah hingga yang
termahal. Dalam kebutuhan sehari - hari banyak sekali aktifitas yang dijalani
dan juga pasti memiliki makanan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh. Makanan
ini dibuat dengan cara pembuatan yang sederhana dengan lebih baik dan higienis,
begitu juga harga nya yang terjangkau dan banyak pula masyarakat yang berminat
untuk membelinya dengan rasa yang nimat dan bermanfaat.
Oleh
karena itu saya memilih jenis usaha yaitu “MIE CALUK” untuk dijual karena untuk
mengingatkan masyarakat Indonesia agar tidak lupa makanan khas Indonesia
terutama daerah Aceh, karena ini merupakan salah satu makanan tradisional.
BAB II
ISI BUSINESS PLAN
2.1
Visi & Misi
Visi :
Menjadikan “MIE CALUK” sebagai usaha
makanan cepat saji yang terkenal minimal di ACEH, maksimal seluruh dunia
mengetahui Mie Caluk.
Misi :
1. Mengutamakan
kualitas dalam pelayanan dan penyajian (makanan)
2. Berorientasi
kepada kepuasan konsumen
3. Mengembangkan
inovasi – inovasi baik dalam produk maupun pelayanan
4. Mengembangkan
usaha di beberapa tempat strategis lainnya untuk memperluas usaha
2.2
Identifikasi Usaha
Nama
Usaha : Mie
Caluk
Pemilik
Usaha : Rosmaini
Alamat
Usaha : Kampung Mulia Banda Aceh
Contact
Person : 082366721979
2.3
Ruang Lingkup Usaha
Ruang
lingkup usaha yang kami rintis ini masih usaha perumahan kecil, tapi usaha ini
sangat menjanjikan karena Mie Caluk dapat dikonsumsi oleh semua kalangan.
Tujuan
Usaha
1. Menerapkan kemampuan berwirausaha
2. Agar usaha kita lebih dikenal orang lain
3. Memunculkan bakat untuk berbisnis
4. Mendapatkan keuntungan
BAB III
ANALISIS USAHA
3.1 Rencana Produk
Produk
kami ialah produk makanan cepat saji yang diproses dengan cara modern tetapi
tidak meninggalkan cita rasa khas tradisional. Dalam usaha ini kami ingin
mengembangkan makanan tradisional agar lebih dikenal, agar makanan tradisional
tidak kalah saing dengan produk-produk makanan yang beredar di pasar saat ini.
Awalnya
perusahaan kami dibentuk karena melihat prospek produk ini kedepan sangat
bagus, oleh sebab itu kami membuat sebuah produk dengan cita rasa tradisional,
namun dengan tampilan yang lebih modern untuk menarik minat konsumen terhadap
produk kami.
3.2
Produk/jasa yang dihasilkan
Keistimewaan
Mie Caluk ini diantaranya :
1. Hidangan
lezat dan bergizi
2. Harga
ralative terjangkau oleh semua kalangan
3. kami menambahkan salad dalam mie kami agar
makanan yang dikonsumsi customer kami
tidak hanya mengenyangkan namun juga sehat.
4.
Kami menyediakan Mie Caluk Instan agar cutomer
dapat menikati dirumah.
BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA
4.1
Jenis Usaha
Menjual
makanan cepat saji yang lezat dan bergizi dan disajikan dengan inovasi
penambahan salad serta kami memproduksi mie caluk instant.
4.2
Prospek Usaha
Usaha
yang kami dirikan ini merupakan usaha menengah, kalangan manapun tahu dengan
produk makanan ini. Dalam usaha ini tingkat persaingan mudah diatasi karena mie
caluk saat ini jarang ditemukan di Aceh, kecuali pada saat tertentu seperti
bulan Ramadhan, kemudian kami selalu berinovatif dan kreatif dalam produk kami
sesuai selera konsumen.
BAB V
RENCANA PRODUKSI
Rencana
produksi kami dalam jangka waktu 1bulan sebesar 500 Risol Mayo
5.1
Bahan Baku dan penggunaannya
Bahan-bahan
untuk membuat Risol Mayo :
A. Bahan –Bahan yang
dibutuhkan B. Bumbu yang dihaluskan
1. Mie
Lidi 1. Bawang Merah
2. Daging
Sapi
2. Bawang Putih
3. Udang
3. Cabe Merah
4. Air
Kaldu
4. Kapu
Laga
5.
Garam
5.
Kunyit
6.
Air putih 6. Jinten
7.
bawang Putih 7. Merica Bubuk
8.
Bawang Merah
9.
Tomat
10. Bawang
11. Daun
Seledri
12. Tauge
13. Kol
14. Sayur
( Salad)
15. Kecap
Manis
16. Daun
Salam
17. Cuka
18. Lada
Bubuk
19. Gula
pasir
20. Jinten
21. Minyak
Goreng
22. Margarin
23. Kerupuk
& Bawang Goreng
Cara pembuatan :
1.
Bawang merah, bawang putih, dan bumbu
halus ditumis dengan margarin hingga harum.
2.
Masukkan daging sapi, aduk dan masak
hingga daging berubah warna.
3.
Tambahkan udang, dan air kaldu lalu
aduk rata.
4.
Masukkan daun bawang, garam, daun salam
dan merica bubuk.
5.
Masak hingga daging dan udang matang.
6.
Jika air sudah berkurang dan daging
sudah lunak, kecil api.
7.
Masukkan kubis, tomat, dan toge.
8.
Tambahkan mie dan kecap manis.
9.
Aduk hingga semua bahan tercampur rata
dan matang.
10. Angkat
dan sajikan.
Cara
penyajian :
1.
Siapkan mangkuk, lalu masukkan mie.
2.
Tuangkan kuah.
3.
Taburkan bawang goreng.
4.
Sajikan bersama pelengkap
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
6.1
Analisis Persaingan Usaha
Setiap kegiatan untuk memulai usaha
kami harus mengukur kemampuan kami terhadap lingkungan atau pesaing yaitu
melalui analisis SWOT.
1. Strength
(kekuatan)
Kekuatan
dari menjual produk ini ialah :
- Dapat
dibeli oleh segala kalangan
- Bahan
produk yang terjamin sehat dan higienis
- harga yang terjangkau baik mahasiswa maupun
masyarakat biasa.
2. Weakness
(kelemahan)
- Tidak
dapat tahan lama
- Produknya
mudah ditiru
- Produk
tidak bisa diproduksi dalam jumlah besar.
3. Oppurtinity
(peluang)
- Tempat
strategis
- Fasilitas
yang cukup memadai.
4. Threath
(ancaman)
Adanya
pesaing yang menjual produk dengan harga yang relatif rendah dibanding Mie
Caluk yang kami jual.
6.2
Analisis 4P
Ø Product
Brand : Mie Caluk
Quality : terjamin kualitas bahan
yang sehat
Packing :
menggunakan plastik sebagai pengemas produk (khusus yang instan) dan
menggunakan piring untuk siap saji.
Ø Price
Untuk harga awal, Mie Caluk dijual
langsung kepada konsumen dengan harga:
1.
Mie Caluk Instan Rp. 5.000/ pack
2.
Mie Caluk siap saji Rp.7.000/ piring
Ø Promotion
1.
Personal Selling :
Pemasaran awal produk kami melalui face to face, dimana melalui mulut ke mulut,
kemudian terus berkembang.
2.
Media Online : kami juga memasarkan produk kami melalui
jaringan internet baik itu melalui social media maupun blog yang tersedia
Ø Place
Berlokasi
di wilayah perumahan dan dipinggir jalan
6.3
Target Dan Segmentasi Pasar
a.
Geografi
1. Wilayah
yang kita jadikan target yaitu wilayah Banda Aceh, alasan kita memilih Banda
Aceh karena bahan-bahan untuk membuat produk ini sangat mudah ditemukan dikota
ini.
2. Kami
melihat banyaknya peluang bisnis pada makanan yang siap saji, sehingga kami memanfaatkan
peluang ini.
b.
Demografi
Berdasarkan
demografi, secara pasar kami bertuju pada kalangan mahasiswa, dosen dan
lingkungan sekitar Perumahan dan dipinggiran jalan dengan membuka warung untuk
mempermudah kami memperoleh informasi pasar.
6.4 Strategi
Pemasaran
a.
Perkenalan Bisnis
Produk
yang kami tawarkan merupakan makanan cepat saji yang lezat, bergizi, dan harga
yang terjangkau. Produk ini bernama “Mie Caluk” yaitu Mie yang disajikan dengan
Saus Kacang Khas Aceh yang sehat untuk dikonsumsi.
b.
Membangun jaringan dengan usaha lain
yang dapat mendukung bisnis
Memiliki
produk Mie Caluk ini yang berbahan baku seperti mie, dan sauce kacang. Oleh
karena itu kami berniat bekerja sama kepada perusahaan-perusahaan yang
menyediakan produk kami demi meningkatkan kualitas produk kami dan mengenali
usaha kami lebih luas.
c.
Menciptakan inovasi pada desain yang
ditawarkan.
Produk
kami kali ini yang pertama : mie caluk
dengan mie yang kami produksi sendiri sehingga tidak menggunakan bahan
pengawetagar makanan kami tidak hanya lezat, namun juga sehat dan bergizi. kedepannya kami ingin berinovasi untuk membuat
sause kacang dengan tambahan rasa.
d.
Meningkatkan kualitas pelayanan
Menyediakan
website untuk wadah para konsumen memberikan saran atas produk yang kami buat.
e.
Media pemasaran
Kami
akan mempromosikan produk kami melalui jejaring social, promosi face to face.
BAB VII
RENCANA PERMODALAN
7.1
Modal Usaha
Modal
Sendiri
: Rp.
500.000,-
Modal
pinjaman : Rp.
1.500.000,-
Jumlah
: Rp.
2.000.000,-
7.2
Penentuan Harga Produksi
Biaya
Baku
: Rp. 412.000,00,-
Biaya
Penolong
: Rp. 143.000,00,-
Total
biaya
Produksi :
Rp. 555.000,00,-
Biaya
Cetak
laporan :
Rp. 6.000,00,-
Biaya
ADM :
Rp. 8.000,00,-
Total
Biaya
Operasional
: Rp. 14.000,00,-
Harga
potong produksi/potong Risol Mayo adalah :
Risol
Mayo =(Rp. 555.000 + Rp.14.000/500) = Rp. 1.138,-
Menentukan
harga jual
Risol
Mayo : Rp. 2.150
5.3
Penentuan Harga Jual
Perkiraan
laba yang diharapkan :
Rp.
3.500 – Rp. 2150 = Rp. 1350
BAB VIII
RENCANA ORGANISASI
8.1
Rencana organisasi kami ialah terdiri dari bagian :
Manajemen
: 2
Produksi :
4
Pemasaran
: 3
Keuangan :
2
8.2 Klasifikasi Organisasi
a.
CEO
Mengontrol, memonitor semua kegiatan yang ada didalam perusahaan mampu membaca
laporan keuangan perusahaan serta dapat keputusan.
b.
General Manager
Dapat mengatur sdeluruh departemen bagian dan menjalankan strategi
perusahaan.
c.
Financial Manager
Mengontrol dan memonitoring semua yang berhubungan dengan masalah perusahaan,
dan dapat mengatasi masalah keuangan.
d.
Production Manager
Bertanggung jawab terhadap produksi dan menginovasikan yang diperjualbelikan.
e.
Marketing Manager
Dapat mempromosikan dan menawarkan produk yang perusahaan miliki berbagai
media.
BAB IX
RESIKO
9.1
Resiko & Upaya Pengurangan Resiko
Selama ini produsen menggunakan bahan –
bahan dengan mutu tinggi maka harga yang dikenakan untuk 1 porsi mie caluk pun
relative mahal, hal ini bertujuan untuk menutupi pengeluaran pembelian bahan
baku. Jika produsen mengganti bahan baku daengan kualitas rendah, maka rasa dan
tekstur mie caluk yang dihasilkan akan menurun, dan kemungkinan dengan kondisi tersebut
para konsumen akan berkurang dalam mengkonsumsi mie caluk. Maka produsen akan
mengambil jalan tengah dengan mengganti bahan baku dengan harga lebih murah
dengan kualitas yang bersaing dengan bahan baku sebelumnya.
BAB X
KESIMPULAN
Mie Caluk adalah makanan khas dan unik, dibuat dari bahan
yang bernutrisi dan terjamin kualitasnya baik yang siap saji maupun yang
instan. Mie Caluk memiliki banyak keistimewaan diantaranya mempunyai banyak
nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan memiliki dua versi yaitu versi siap saji dan
versi instan, sehingga costumer tidak kesulitan dalam penyajian dan pelanggan
akan ketagihan dengan produk yang kami rancang. Usaha kami adalah usaha yang
mempunyai prospek kesuksesan yang jelas dan akan menghasilkan laba yang begitu
tinggi. Namun Pengusaha harus mempunyai kepandaian dalam melihat analisis SWOT
sehingga dapat mengembangkan usaha dengan baik dan lancer, tidak menimbulkan
kegagalan produksi di tengah jalan maka seorang wirausaha harus merencanakan
usaha semaksimal mungkin agar usaha
berkembang dengan cepat. Dan juga kami akan terus melakukan inovasi agar
konsumen terus berlangganan kepada kami.
Dan kedepan kami juga akan menyusun planning untuk membuka sebuah toko induk yang
besar dan kami juga akan membuka cabang ke berbagai kota-kota besar di Aceh dan
Indonesia. Dan untuk MEA yang sebentar dating maka kami sudah siap
menghadapinya.
******************************************************
Hidup Sebelum Menikah tak mesti tentang Pacar
ini kenangan indah saya
dari Brengsek1
untuk Brengsek2, Brengsek3 dan Brengsek.P.j dan friend+
******************************************************
k
fri-end